Kelingking Beach, Nusa Penida (KW Super)

Ke Nusa Penida ya pasti ke Kelingking Beach! 2 hal tersebut memang tidak dapat dipisahkan. Tidak dapat dielak lagi bahwa Kelingking Beach merupakan destinasi yang wajib dikunjungi jika ke Nusa Penida. Kelingking Beach terkenal dengan spot utamanya, Kelingking Secret Point, yang dibuat oleh warga lokal agar wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang tebing berbentuk menyerupai Tyrannosaurus Rex. Mendengarnya saja pastilah tidak asing, kan? Pasti langsung terbayang spot yang kumaksud apa.


Baru-baru ini, kebiasaanku sebagai mahasiswa pariwisata yaitu kepo-kepo tempat wisata membawaku kepada sebuah spot yang super mirip sama tebing T-Rex Kelingking Beach ini!  Sampai kujuluki KW Super dari Kelingking Beach. Istilah KW Super memang diperuntukkan untuk tiruan benda yang mirip sekali dengan benda aslinya, istilah ini kerap didengar untuk tiruan-tiruan tas atau sepatu.

KW Super dari Tebing T-Rex Kelingking Beach
Setelah scrolling sosial media, kutemukan fakta bahwa ini bukan tebing tetapi lebih ke gundukan tanah. 

*scrolling*

*scrolling*

*searching*

*scrolling*

*searching*

Wow! Ternyata lokasinya juga tidak jauh dari rumahku yang berdomisili di selatan Jogja. Penasaran di mana, kan???

Spot ini terdapat di salah satu tempat wisata yang ada di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika mendengar Desa Hargowilis pasti tidak asing dengan objek wisata Kalibiru atau Pulepayung yang juga terletak di Desa Hargowilis. Yap! Tempat wisata ini ada di latar belakang wisatawan yang berfoto di spot-spot foto di Kalibiru atau Pulepayung. Tempat wisata ini adalah Waduk Sermo.

Waduk Sermo atau Bendungan Sermo adalah danau buatan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan volume air sebesar 25 juta m3 yang dibangun untuk sumber air utama irigasi. Waduk ini dibuat dengan membendung Sungai Ngrancah dengan luas tangkapan air waduk ini sebesar 21,47 km2

Rute ke Waduk Sermo tidaklah sulit. Jika dari Yogyakarta, lewat jalan Jogja-Wates hingga memasuki Kabupaten Kulon Progo dan setelah itu ikuti saja petunjuk arah menuju Pengasih. Dari situ, petunjuk arah Ke Waduk Sermo sudah terlihat, kok!

Mengunjungi Waduk Sermo cukup dengan membayar restribusi Rp5000,00 dan dapat menikmati keindahan Waduk Sermo dari jalanan tepi waduk, intake waduk, maupun gardu pandang.

Di tepi waduk, terdapat spot-spot wisata yang dibangun dan dikelola oleh masyarakat, antara lain:

  1. Akar Liar
  2. Taman Pring Kuning
  3. Gumuk Sri Tenon
  4. Bukit Pethu
  5. Taman Bambu Air
Di spot-spot wisata itu dibangun spot-spot foto panggung, cocok bagi yang ingin mengabadikan foto atau berswafoto dengan latar belakang Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh. Ada pula perahu wisata jika ingin berperahu mengelilingi Waduk Sermo.

Wisatawan dapat mengitari Waduk Sermo dengan menyewa perahu wisata

Kunjunganku ke Waduk Sermo memang karena kepo adanya spot yang menyerupai tebing T-Rex Kelingking Beach sehingga tidak mengunjungi dan menikmati spot-spot wisata itu. Sehingga dari retribusi aku mencari-cari spot tersebut.

Ku tengok kiri-kanan menyusuri jalan yang sudah aspal dan berkelok-kelok yang mengitari waduk lalu akhirnya kutemukan juga yang kumaksud. Spot yang kumaksud ternyata ada di spot wisata Taman Bambu Air. Tidak langsung terlihat, kugunakan insting karena memang itu spot wisata terakhir sehingga menurutku spot itu ada di sana haha.

Spot wisata Taman Bambu Air tidak ada tiket masuk tetapi harus membayar biaya parkir Rp2000,00 untuk sepeda motor. Di sini ada spot foto terkenal, yaitu spot foto dari bambu yang terapung.

But I'm not interest with that, mataku langsung tertuju pada hamparan tanah yang hijau kecokelatan warna kemarau. Ada gazebo kecil di tengahnya untuk beristirahat. Hamparan tanah ini mungkin termasuk dalam lahan greenbelt  dari Waduk Sermo.

The view's calming my eyes

Hamparan tanah ini meliuk-liuk karena proses sedimentasi dan erosi. Pemandangan sekililing juga sangat memanjakan mata, dikeliling oleh pohon-pohon dari lahan greenbelt Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh. Ditambah lagi suasana yang tenang dan sejuk. Such a perfect place to live.

Kususuri hamparan itu dan terlihatlah spot T-Rex Kelingking Beach itu. Spot ini memang bukan tebing tetapi gundukan tanah. Gundukan tanah ini bukan disengaja dibentuk menyerupai tebing T-Rex di Kelingking Beach. Mungkin terkikis karena air waduk.

Spot yg kumaksud! Ada di paling ujung!
Taman Wisata Bambu Air ini juga merupakan campground dan menurutku it would be perfect to camp here!





Setiap sudut di hamparan lahan ini juga bagus untuk diabadikan. 


Sudah capai berfoto-foto, duduk-duduk di pinggir danau buatan ini juga menyenangkan. Sambil mengobrol menikmati sisa hari.


Menikmati pesona danau buatan Sermo sambil mengobrol dan duduk-duduk di pinggir waduk.

I would definitely come back! Mungkin ketika hamparan tanah ini hijau saat tidak kemarau, tidak untuk camping tapi lebih ke piknik di pinggir danau hihi. Sepertinya seru.

Sayang, cuaca hari itu sedang tidak cerah

Kami ke sini juga dengan tujuan menikmati senja. Namun sayang, cuaca sedang mendung, senja tidak terlihat dengan jelas. Kalau teman-teman ingin menikmati matahari terbenam, datanglah ke sini. Menurut ramalan cuara, besok Minggu cerah hehe.

Dari Waduk Sermo, teman-teman bisa juga lho ke tempat wisata yang lain yang berada di sekitar Waduk Sermo. Seperti Objek Wisata Kalibiru atau Pulepayung.

---

Waduk Sermo

Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Retribusi masuk: Rp5.000,00

---

Ke mana lagi langkah kakiku membawaku pergi? Yuk ikuti!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM