First Timer Kayaking di Yogyakarta bareng Nuvantara — ayo lagi, siapa takut (asal nggak diceburin)!

Siapa sangka, aku yang nggak bisa berenang bisa sangat berani buat bermain kayaking. Bahkan, ketagihan dan semuanyaa aku lakuin di Yogyakarta! Beberapa kali main kayak selalu dapet keseruan yg beda-beda. Beberapa kali ini maksudnya baru 3x sih cuma udah ngerasa expert aja haha.

Pertama kali kayaking, aku bisa dapet kacamata baru. Kedua kalinya harus bangun lebih pagi dari subuh sampai lokasi ternyata disambut gerimis lumayan deres eh nggak nyangka si pelangi ini muncul tanpa malu-malu lagi! Ketiga kalinya, walau berangkat melebihi subuh tapi disambut selimut kabut yang bikin jadi sok-sok misterius, setelahnya cuaca cerah secerah-cerahnya! Setiap main kayak tentu saja bareng Nuvantara dong.

2 orang wanita di atas perahu kayak sedang berpose
Kayak Girl; like a normal girl but much cooler ✌️😋

September, 2020.

Pengalaman pertama kali main kayak ini nano-nano banget buatku, happy banget tapi juga kesel dan bete mau marah, sedih juga, tapi so much fun dan iyaaa happy! Pertama kali main kayak aku ingat betul kalau aku seneng akhirnya bisa main keluar rumah lagi setelah hampir 6 bulan nggak bisa ke mana-mana karena miss rona. Tentu saja itu sekelompok kecil, jauh dari keramaian, and we're in the health condition. Kayaking pertama lokasinya ada di selatan Yogyakarta, tempat yg aku sudah tau dari lama tapi tidak menyangka bisa dijadikan spot main kayaking yg seruuuw. Sore hari jugaa, dapet kesempatan nonton sunset 🏞.

5 orang tersenyum berdiri di depan perahu kayak dengan background pemandangan sungai dan batuan kapur
Nuv's team 👊

sekumpulan orang tersenyum berdiri di depan perahu kayak dengan background pemandangan sungai dan batuan kapur
Nuv team's with Kayak Asia's team

Di sini aku bareng temen-temen @Nuvantara diajak untuk ketemu dan main bareng temen-temen Kayak Asia dengan kayak angin warna merah aku tau ini akan jadi pengalaman yang menyenangkan. Sebelum naik tentu dijelaskan harus pakai pelampung pengaman, diajarkan cara mendayung kayak biar nanti nggak ada efek pegal-pegal setelah bermain, dan cara mengemudikan kayak. Oiya selain kayak, Nuvantara juga menyediakan SUP (single use paddling) yang biasa Ibu Susi main itu lhoo. Nanti bakal diajarin jugaa.

Laki-laki mencoba seimbang di atas paddling atau single use paddling
Mas Reza di atas SUP

Suasana sekumpulan orang saat bermain kayaking di selatan Yogyakarta
Suasana main kayaking, can you guys spot me?

Aku naik kayak merah aja hahaha nggak akan uji nyali dulu. Aku diarahkan duduk di bangku depan sedangkan di bangku belakangku diisi Mas Reza dari Kayak Asia. Bangku depan dikhususkan bagi yg tidak mau terlalu capai mendayung karna yg belakang lah yg mendayung ekstra haha. Aku dijelasin macam-macam sama Mas Reza, pengalaman Mas Reza main kayak juga keren, aku masih mencoba mendayung dengan mantap beberapa kali disuruh coba dayung sendiri, masih chaos lah dayunganku di kali pertama ini.

Dari start point sampai ke end point kira-kira butuh waktu pp 1,5 jam lah, nggak terlalu jauh. Di end point, sebelum balik lagi, bakal diajak trekking sebentar ke puncak salah satu bukit untuk bersantai, istirahat, dan minum air kelapa muda, seger benerrr👍. Dari atas, bisa liat pemandangan yang indah, sambil pelan-pelan matahari mulai turun.

Sekumpulan orang tersenyum berdiri di atas bukit dengan background pemandangan sungai dan batuan kapur
Kami berfoto di puncak bukit setelah menikmati kelapa muda

Matahari terbenam mulai terlihat dari atas bukit kapur
Matahari mulai turun di balik bukit

Everything was fine, until....

Di perjalanan balik ke titik awal, itu merupakan free time. Teman-temanku ada yg mencoba lompat ke air dari salah satu bukit, tentu aku tidak mau haha. Ada yang mulai mencoba main paddling, aku memilih mencoba berteman dengan kayak merah aja ya alias main-main sendiri mendayung sendiri ke sana ke mari. Sampai Mas Deky, salah satu teman Kayak Asia mulai rusuh menabrak-nabrakkan kayaknya ke teman-teman ☹️ aku udah bilang nggak bisa renang tetep aja jadi korban hiksss dan kacamataku pun korbannya 😭😭😭 kacamataku memilih menetap di dasar sungai, belum sempat berpamitan 😭

Untuk pemilik minus tinggi tahu lah rasanya hidup tanpa kacamata, itu lah yg aku rasain. Sejak kejadian itu, suasana jadi sedikit awkward, I felt it hahaa tapi semua baik-baik saja, tidak dilebih-lebih kan. Aku memang sudah berencana beli kacamata baru tapi selalu mengurungkan niat karna kacamata itu masih bagus kondisinya. Kejadian itu berarti merupakan tanda semesta kalau aku harus beli kacamata incaranku wkwkw🤪

Walaupun ada kejadian itu, aku tetap pingin main kayak lagi. Seruuu bangettt aku suka dekat air tapi nggak suka jadi satu dengan air. Seperti judul tulisan ini, ayo lagi, siapa takut (asal nggak diceburin) hahahahaha.

4 orang tersenyum duduk di perahu kayak dengan background pemandangan sungai dan batuan kapur
aku, Mbak Azmi, Mas Deky, dan Mas Reza pasca kejadian 😂

4 orang tersenyum duduk di perahu kayak dengan background pemandangan sungai dan batuan kapur
Ayo lagi, asal jangan diceburin! 😭

Januari, 2021

Kali kedua aku bermain kayak rentang waktunya sudah lumayan lama dari pengalaman pertamaku. Tentu saja aku sangat excited!! Sudah kubilang aku nggak kapok, aku pingin lagi.

Bedanya dengan pengalaman pertamaku, kali keduaku main kayak ini lokasinya berada di danau di barat Yogyakarta. Dilakukan pagi hari, bukan deng tapi dini hari hahaha. Perjalanan dari kota antara 1,5 - 2 jam perjalanan, jadi kalau mau chasing sunrise harus ready dari sebelum subuh ✌️.

Jadi lah aku dan teman-teman Nuvantara berangkat sebelum subuh (ngaret dikit bzzz haha), ternyata dapet mendung, so sad ☹️ Kayakingnya tetep jalan terus dong. Kalau pengalaman pertama aku ditemani Mas Reza, kali ini aku naik kayak sendiri karena memilih main tanpa guide alias mau eksplor sendiriii. Mau nggak mau harus mendayung dengan sangat ekstra.

Mendayung perahu kayaking di tengah danau di Yogyakarta
💪 paddling with extra energy

Suasana danau di pagi hari yang tenang dan cocok untuk bermain kayaking
Suasana main kayak pagi-pagi ini lebih sunyi dibanding waktu sore hari waktu pengalaman pertamaku itu. Cocok banget untuk melamun atau kontemplasi. Udara pagi yg segar buat dihirup, indahnya gugusan Pegunungan Menoreh, aaah segar di mata juga. Tiduran di atas perahu kayaking atau di atas padling juga enak banget.

Di tengah-tengah acara kontemplasiku, tiba-tiba gerimis turun. Awalnya rintik-rintik kecil, kok lama-lama makin besar ya butiran gerimisnya. Air yang semula tenang juga mulai agak riuh karna angin juga terasa makin kencang. Waduh waduh aku nggak mau kecebur lagi 😧. Tenang, tenang, di sini nggak ada yg usil kayak Mas Deky kok jadi aku aman dari awal sampai akhir🤣. Di tengah-tengah gerimis, aku tetap main kayak, mendayung ke arah teman-teman yg lain.

Momen yang nggak disangka pun tiba. Setelah gerimis sedikit mereda, perlahan mulai muncul pelangi sampai akhirnya terlihat jelas!!! Ini momen yang langka di mataku, beberapa kali memang sempat melihat pelangi muncul di danau ini setelah gerimis ataupun hujan. Cuma tidak pernah sejelas ini. Kalau yg ini ni, benar-benar jelas. Garis-garis warnanya terlukis dengan jelas. 

Pelangi muncul di tengah danau di Yogyakarta
Me-ji-ku-hi-bi-ni-u sebut deh sebuttt, kelihatan!🌈

Tahu cerita mungkin fairytale tentang di ujung pelangi ada kendi berisi uang koin emas? Yang katanya dijaga sama kurcaci itu? Aduh, momen ini bagiku rasanya mungkin aja cerita itu nyataa✨

Semua langsung ngebut mendayung mendekati pelangi, mengabadikan momen yang nggak tahu kapan lagi bisa terulang.

mendayung paddling SUP untuk mendekati pelangi di tengah danau
Kok ternyata Mas Yusrul ya yg ada di ujung pelangi?😅

sejumlah orang berpose di tengah danau dengan background double rainbow atau pelangi ganda yang muncul
The picture of us with double rainbow, can you see???🌈🌈

Pengalaman keduaku bermain kayaking bisa digambarkan dalam 1 kata dalam bahasa inggris ini, breathtaking. Kalau nanti disuruh deskripsi the most breathtaking scenery so farI would definitely tell this experience.

Berpose di atas perahu kayaking dengan background pelangi dan pohon-pohon hijau
✌️

Maret, 2021

Kali ketiga aku main kayaking. Masih sama excitednya, belum ada berkurang sedikit pun! Kali ini ada pengalaman yang beda lagi dari dua sebelumnya. Lokasi main kayaking kali ketigaku ini lokasi masih sama di sebuah danau di barat Yogyakarta, bedanya kali ini di pagi hari bukan dini hari lagi hehe. Aku dan teman-teman Nuvantara berangkat sudah mendekati pukul 05.30 WIB.

Aku kira karna sudah agak kesiangan dari kemarin, bakal mendapatkan hal yang biasa saja. Ternyata aku salah besar. Begitu sampai di daerah danaunya, kabut masih menyelimuti dengan sok misterius. Mungkin karena semalamnya hujan mengguyur terus ya, bahkan di perjalanan beberapa jalan masih tampak basah bekas hujan.

Kabut terlihat menyelimuti area pegunungan Menoreh
Ih sedap benar ternyata lihat kabut yang masih bergumul-gumul gitu 🌫🏞. 

Kabut terlihat masih menyelimuti area danau di Pegunungan Menoreh Yogyakarta
Sampai di lokasi, sisa-sisa kabut masih ada.
Lumayan beberapa waktu main kayakingnya masih di temani kabut🌬. 

Kali ketiga aku main kayaking ini, tidak ada aral melintang. Nggak ada gerimis hujan, air danaunya juga lebih tenang, yang jelas dikasih cerah secerah-cerahnya sama yang Kuasa. Bukan maiiin🌞.

main kayaking di tengah danau dengan background pemandangan pegunungan menoreh

main kayaking di tengah danau dengan background pemandangan pegunungan menoreh

Cuaca cerah ini yang bikin main kayakingnya seru, bisa eksplor danaunya agak lebih jauhan dari yang kemarin. Nggak serem karna gerimis, angin, ataupun air yg riuh. Nemu spot baru lagii, secara danaunya ini luas banget. Jadi tahu juga nih kalau lagi cerah ternyata makin siang makin panas dan gerah hahaha. Kami akhirnya memutuskan selesai main kayaking mendekati pukul 8:00 WIB. Itu udah terik puol. 

main kayaking di tengah danau dengan background pemandangan pegunungan menoreh
❤️ happy couple paddling together ❤️

Wih, nggak ada habisnya seru-seruan main kayaking. Sebentar lagi summer time!! Main kayaking bareng Nuvantara di selatan Yogyakarta lagi sabi niiih. Kalau main kayaking yang di danau bareng Nuvantara mah bisa setiap hariii. Kalau diajakin aku mau lagi!!! Jadi kalau ada yang mau ngajakin aku lagi....seperti yg kutulis di judulku, balik lagi ke atas bentar yaaaa.....ayo lagi, siapa takut (asal nggak diceburin)! ✌️🤪

main kayaking di tengah danau dengan background pemandangan pegunungan menoreh
So much fun, ayo deh semua pada coba main kayaking yukyukyuk

photos by: me & Nuvantara
---

Ke mana lagi langkah kakiku membawaku pergi? Yuk ikuti!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM