Merencanakan Trip Murah ke Singapura dan Malaysia 2019 (Tips Liburan Murah)

Siapa yang punya dream travel experience? Siapa yang mau mewujudkan dream travel experiencenya dengan budget minim?? Siapa yang mau mewujudkan dream travel experiencenya dengan budget minim tapi tetap nyaman, seru, dan menyenangkan???

🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋 AKU 🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋 

Banyak maunya yaa, tapi siapa sih yg nggak mau kayak gituuu.

Finally, aku mewujudkan salah satu dream travel experiencesku yaitu bisa liburan murah ala backpacker ke negara tetangga macam Singapura, Kuala Lumpur, Thailand, Vietnam, Laos, haha yang dekat-dekat dulu. Nggak muluk-muluk kan, karna aku terpancing setelah banyak tau cerita orang kalau ke Singapura dan Kuala Lumpur bisa dengan mudahnya backpacker. So, I finally did it! Dan bangga banget ternyata bisa pertama kali merencanakan dan puas mewujudkan jalan-jalan ke luar negeri tapi nggak keluar banyak budget tu 😂. 

Trip Murah Backpacker Singapura Malaysia 2019
Nggak nyangka banget aku ngajakin mereka buat cus ke Singapura
cuma kayak ngajakin cus makan ke burjo alias gas gas 
ae lah manusia-manusia ini!

Aku mau berbagi cerita dan juga akan share tips merencanakan liburan yang murah dan tips mencari penginapan murah. Oiya sekalian budget dari trip ini ya...

Silakan disimak, guys...

Semua ini berawal dari aku memutuskan di tahun 2019 aku cuma ingin fokus skripsian jadi aku nahan banget segala hal yang kira-kira akan mendistraksi fokusku tapi ternyata aku nggak kuat guys!😰 Baru jalan 3x bimbingan aku udah bosan ngerjain, rasanya udah lemes banget, males banget ngerjain, aku takut didiagnosis penyakit kurang piknik. Aku bilang ke Aldo, "aku ga semangat ngerjain, aku butuh piknik!" waktu lagi ngerjain skripsi pikiranku aja udah jalan-jalan ke mana-mana, rencanain mau liburan ke sini ke situ. Dari yang deket-deket sampai ingin coba backpackeran ke luar negeri. Yap dan tercelutklah "Yuk ke Singapura, backpackeran aja" dan dengan sama semangatnya Aldo pun ngeiyain keinginan impulsif pacarnya ini, gas lah ya.

Rencana itu masih mentah banget karna begitu dipikir-pikir kalau ke Singapura berdua nanti dikira honeymoon hehehe untungnya ni waktu aku sama Aldo dateng ke sidang salah satu temen kkn dan ada satu temen kknku, Suryo, yang juga ingin backpacker ke Singapura malah dia udah beli tiket Air Asia murah banget dong untuk bulan November. Yaudah tanpa fafifu aku ikuti jejaknya dan kebetulan emang aku juga baru lihat promo maskapai Jetstar ke Singapura di bulan November 2019 cuma Rp250.000,00 aja 🙋🙋 Kalau ada tiket promo gini cus ke Singapura udah kayak cus makan di burjo aja, tinggal gas hahahaha!!

Ok.. fix tanggal udah ditentuin, yaitu 4 November 2019, berangkat!!!! eeeh baru tiket pesawat berangkat yang kebeli udah main berangkat aja, lagian itu masih di bulan Juli sedangkan berangkatnya masih nanti di bulan November, masih lama maemunnn 😅😅😅😅. 

Ya karna masih ada sekitar 4 bulan lagi, yaudah kami bertiga memutuskan untuk selow dulu lah merencanakannya, kan masih lumayan lama. Namun di tengah-tengah bulan, aku mikir buat ajak 1 orang lagi biar genap dan biar Suryo nggak jadi obat nyamuk wkwk. Si Aldo nyeletuk ajak Pici aja, pasti mau. Eh bener dong saat itu jg aku dan Aldo mengontak Pici, hasilnya.............................

Aldo: "Ci, ayo ikut Singapur"  
Pici : "Kalau dapet harga tiket pesawat kayak kamu sama Klara aku mau bang"

Wah dapet lampu hijau gitu aku langsung buka web jetstar daaaaan masih ada tiket Rp250.000,00 buat tanggal 4 November 2019 yeyyyy, langsung deh mengabari Pici. Singkatnya Pici beli tiket pesawatnya dan became one of us. Btw iya kan, lagi kan, cus ke Singapura kayak cuma cus ke burjo wkwk. Setelah terkumpul 4 orang, langsung rapat pembahasan awal aja sambil selow-selow merencanakan perjalannya, mau ke mana aja dan ngapain aja selama trip nanti.  Ngomong-ngomong selow, kelewat selow nggak sih aku tu, di posisi waktu itu aku masih ngerjain skripsi tapi nyolong-nyolong waktu buat rencanain jalan-jalan liburan. Ssst, rencanain jalan-jalan menurutku refreshing dari skripsi tau hehe. 

Hehehe balik ke cerita deh yuk.....

Kayak nggak bersyukur udah dikasih tiket murah ke Singapura, eh nyeletuk ni kalau ingin ke Universal Studio Singapore (USS) juga, masa udah sampai Singapura nggak ke USS. Waktu nyeletuk itu harga tiket masuk USS masih sekitar Rp750.000,00, masih mahal dan out of budget banget.Yaudah deh pikir-pikir lagi ke USSnya atau muter otak lagi buat cut budget buat jadi bisa beli tiket USS. 
Seakan Tuhan tu memang merestui buat rencana backpackeran ini, Traveloka datang dengan promo yang bikin kami dapet tiket masuk USS perorang Rp525.000,00 😍. Senang betul astagaaaa, tanpa pikir panjang aku kabarin ke yang lain, ya yang lain juga seneng dan dibeli lah, gila po mumpung bisa ke USS murah ✌️😌.

Aku jadi ingat sesuatu, waktu nyeletuk ingin backpackeran ke Singapura ini, dalam hatiku tu juga nyeletuk dibablasin sekalian deh ke Kuala Lumpur, Malaysia hahaha kan nggak tau diri tapi ingin ya gimana dong ☹️. Aku sampai bikin 2 rencana itinerary, 1 kalau cuma Singapura aja dan 1 lagi kalau ditambah ke Kuala Lumpur lengkap dengan pilihan perjalanan udara apa darat hahaha niat banget kannn!!! Ehhh, pucuk dicinta ulam pun tiba, ternyata Suryo sepemikiran juga mau dibablasin ke Kuala Lumpur hahahaha yauda fix deh perjalanan ditambah ke Kuala Lumpur sekalian. (another episode of  kayak ngajak cus ke burjo nggak nih?✌️). 

Jadi fix banget langkah kaki Klara, Aldo, Suryo, dan Pici akan menginjak Singapura dan Kuala Lumpur dari 4 November 2019 - 9 November 2019! + perjalanan ini diberkati sekali dengan tiket pesawat Kuala Lumpur - Jakarta Air Asia berhasil didapat Suryo dengan harga Rp 475.000,00 perorang, sangat lumayan mengingat rencana ini baru terucap di H-2bulan berangkat, ketika harga tiket pesawat Kuala Lumpur - Jakarta dari maskapai lain menginjak harga sampai lebih dari Rp600.000,00 :'))

Part paling tricky waktu merencanakan perjalanan ini adalah mencari penginapan murah tapi nyaman. kami berempat belum ada yang tau kondisi lapangan Singapura tapi udah sok nambahin beban ke diri sendiri dengan carinya penginapan yang nyaman, bersih, suasana enak, tapi murah. Ha gimana tuh haha. Ya banyak, di online travel agent macam Traveloka, Booking dot com, Hotel dot com Agoda,  Airbnb, gitu banyaaaak, tapi nggak mau kan ketipu sama foto atau review bodong. 

Tanya: Terus bagaimana tuh tips mencari penginapan murah dan nyaman?
Jawab: Tips mencari penginapan murah dan nyaman
  1. Tentukan budget untuk penginapan!
  2. Buka semua website/ online travel agent yang menyediakan jasa akomodasi (penginapan) dan filter yang paling murah menurut budget kalian. 
  3. Didapat list penginapan-penginapan termurah menurut budget, pangkas lagi berdasarkan lokasi dan review. Lokasi pilih gampang diakses transportasi publik, apalagi kalau backpacker bakal banyak pakai transportasi publik. 
  4. Liat review jangan cuma dari 1 platform ya, cari semua review wisatawan tentang penginapan tersebut dari mana-mana! Boleh dari google, website, online travel agent, atau siapa tau ada yang ngeblog atau review itu di sosial media macam instagram, twitter, facebook, dll. Pokoknya cari terussss.
  5. Review yang harus diperhatikan: review yang baru-baru aja ditulis, misal review yang menginap di 3 bulan terakhir karena itu adalah service dari penginapan yang paling terbaru kan. Selain kata-kata tanggapan dari wisatawan jangan lupa foto-foto yang diunggah mereka.
  6. Pangkas terus list yang kalian punya sampai akhirnya terpilih lah 1 penginapan yang paling sreg di hati 💕.
Aku dan Aldo sampai debat pilih calon-calon penginapannya berdasarkan harga dan review orang-orang + foto yg ditampilin di berbagai macam platform itu, sampai terplihlah NVV Hostel untuk yang di Singapura dan OYO 304 Zero Hour Hostel untuk yang di Kuala Lumpur.
NVV Hostel letaknya di Lavender, bisa langsung diakses dengan cara naik MRT dari Bandara Changi turun St. MRT Lavender, dekat dengan MRT, reviewnya semua bagus lah dan yang pasti murah. Kami dapat harga Rp1.223.000,00 untuk kamar tipe yg buat berempat bentuk kasurnya dorm alias bertingkat gitu dan selama 2 malam menginap. 
OYO 304 Zero Hour Hostel, murah dong yang pasti dan plusnya adalah letaknya di bukit bintang (agak geser dikit bgt wkwk) dan dekat dengan Jalan Alor, reviewnya bagus dan dari foto terlihat bersih (psst Aldo sempet nggak mau di sini karna katanya geuleuh mengingat pengalaman dia pernah nginep di OYO yang ternyata geuleuh). Kami dapat harga Rp220.000,00 untuk 1 malam dan kamar tipe yg buat berempat bentuk kasurnya double bed.
Review lengkap penginapan nanti ya di cerita selanjutnya *wink wink*. 

Oke tiket pesawat sudah, penginapan sudah. Oh iya wifi! Kami nggak mau dong mati gaya nggak bisa update sosial media waktu jalan-jalan, kami memutuskan pakai wifi portable dari JavaMifi karna lagi lagi ada promo hehe. Portable Wifi 4G for Unlimited East South Asian cuma Rp361.250 buat 5 hari + kalau bayar pakai debit/credit card nggak perlu bayar deposit hehehe. Hemat hemat aku suka hemat. Review bisa cek di highlight instagram storyku yang Singapore / Kuala Lumpur, sudah ada di instagram @elklara ❤❤❤.
Sekilas cara book wifi portable Java Mifi lewat website Java Mifi. Ketika sudah masuk ke halaman pembelian produk, kita akan disuruh memilih negara yang dituju dan tanggal travel. Aku memilih Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam karena perjalananku akan ke Singapore dan Malaysia, lalu aku memilih paket wifi yang 4G Wifi South East Asia Unlimited Plus selama 5 hari.
book Java Mifi
Halaman pemilihan paket Wifi yang ingin dibook
Setelah itu, akan muncul halaman detail order nah di situ dapat memilih lokasi untuk mengambil device portable wifinya atau meminta dikirimkan ke alamt kita. Ada pilihan lokasi mengambil atau dikirim yaitu bandara, rumah/kantor, Indomaret (semua gerai di Indonesia), atau mengambil sendiri di kantor Java Midi yang ada di kota tempat tinggal kita. Aku memilih mengambil di bandara maka lalu muncul pilihan diambil di bandara apa, aku memilih di terminal 2 keberangkatan karena akan depart dari terminal tersebut, nah pasnya ternyata di Indomaret Point di terminal 2.
Book Java Mifi
Pilihan lokasi pengambilan device portable wifi Java Mifi
 
Book Java Mifi
Pilihan lokasi bandara untuk pengambilan device portable wifi Java Mifi
Setelah memilih lokasi pengambilan device portable wifi, akan ada section pengembalian yang bertuliskan bahwa device dapat dikembalikan langsung di bandara atau di lebih dari 20.000 drop-off point Java Mifi yang ada di Indonesia. Kalau aku, kukembalikan di bandara sewaktu pulang, di Indomaret terminal 2 kedatangan. List tempat pengembalianya ada di SINI. Teruskan pengisian detail orderan, lalu klik confirm. Udah deh, jangan lupa bayar hihi setelah itu semua akan dikonfirmasi lewat email. H-3 keberangkatan dapat email masuk yang berisi pemberitahuan kalau device portable wifi Java Mifi sudah ada di lokasi pengambilan serta PIN untuk mengambil. So easy peasy kannnn!
Next, rencanain ke Jakarta dari Jogja dan baliknya ke Jogja lagi dari Jakarta mau naik apa. Biar feel backpackerannya kerasa, kami memutuskan untuk naik kereta aja, tapi yang paling murah hehe. Nah dari stasiun kami berencana lanjut ke Bandara Internasional Soekarno - Hatta (CGK) dengan naik kereta bandara. Sulitnya, kebijakan sekarang tiket kereta baru bisa dibeli h-1 bulan, kami jadi berasa lagi palawar buat dapetin tiket kereta. Sedih banget, waktu itu tinggal kedapetan kereta Progo seharga Rp180.000,00 rute St. Lempuyangan - St. Pasar Senen dan balik ke Jogja kereta Gaya Baru Malam Selatan seharga Rp98.000,00 rute St. Pasar Senen - St. Lempuyangan. 

Dari sini udah kecium feel backpackernya bakal dapet banget. Itu karena jadwal kereta Progo itu jam 14:00 - 23:54 WIB padahal flight pesawat berangkat ke Singapura jam 09:15 WIB di besok harinya. Terus yang flight pesawat balik dari Malaysia adalah sekitar jam 23:00 WIB sampai Indonesia dini hari lah ya dan kereta Gaya Baru Malam Selatan jam 10:15 - 19:14 WIB :))) wkwkwk bener-bener feel backpackernya bakal kerasa sekali alias akan tidur di stasiun/bandara :))))

Akhirnya selesai juga planning backpackeran, itu semua udah bikin kita tenang berangkat kok, tiket pesawat pergi pulang udah di tangan, kami sudah punya tempat untuk tidur di Singapura dan Kuala Lumpur, atleast sudah ada 1 destinasi yang pasti, destinasi yang lain cuma hopping kok alias jalan-jalan doang. List kuliner yang mau diicipi udah ada, okee tinggal packing dan berangkattt! 

Oh iya nih!! Rencana dari Singapura ke Kuala Lumpur kami merencanakan naik bus malam saja, hemat di ongkos dan hemat nggak perlu book penginapan 1 malam, sneak peek udah pernah aku share di instagram storykuu tapi lebih jelasnyaa ikuti terus ya cerita perjalanan kami. 

Ada kejadian tidak terduga juga ketika baru sampai di Singapura hahaha, kami ditolak penginapan dan nyaris tidur di emperan toko di negeri orang hahaha.


----

Tips merencanakan jalan-jalan / liburan / wisata yang murah meriah:
one and only: PROMO. Andalkan promo guys! Serius, harus melek banget sama info-info promo. Sering lah cek traveloka, agoda, booking dot com, tiket dot com, hotel dot com, pegipegi, kursi gratis air asia, website maskapai LCC apapun itu, dan yang lain-lainnn pokoknya harus rajin hehe.

----
Pengeluaran untuk komponen perjalanan yang sudah dipersiapkan sebelum berangkat akan aku tulis dengan rapi di bawah yaaa. Next, akan aku tulis juga pengeluaran pribadiku selama trip ini, jadi bisa di total pengeluaranku pada trip yang kunamai 'backpacker' ini berapa. Cheers!

Budget sebelum berangkat:

! harap diingat harga ini merupakan harga yang sudah dibulatkan ke ribuan terdekat, yang berlaku antara bulan September - Oktober 2019 dan beberapa merupakan harga promo !

Komponen Perjalanan  Unit Hari Harga TotalHarga Perorang (/4) 
Transportasi    
Pesawat CGK - SIN
*Yang pakai Jetstar hanya bertiga:
aku, Aldo dan Pici*
3Rp750.000,00Rp250.000,00
Pesawat KUL - CGK4Rp1.900.000,00Rp475.000,00
KA LPN - PSE4Rp720.000,00Rp180.000,00
KA PSE - LPN4Rp392.000,00Rp98.000,00
Akomodasi     
NVV Hostel Singapore1Rp1.223.000,00Rp347.000,00
OYO 304 Zero Hour Hostel Kuala Lumpur
1Rp220.000,00Rp55.000,00
Destinasi Wisata    
Universal Studio SingaporeRp2.096.000,00Rp524.000,00
Wifi    
Java Mifi 4G Unlimited for South East Asia1Rp361.250,00Rp42.500,00
TOTAL                            Rp7.810.250,00Rp1.971.500,00

Yup! dapat disimpulkan, semua yang disiapkan sebelum keberangkatan kami, yang intinya kami sudah tenang tinggal berangkat, sebesar Rp1.971.500,00 perorang untuk tiket pesawat, penginapan, destinasi, dan modem internet. Itu semua sudah sesuai preferensi kami. 

Untuk budget yang aku keluarkan pada 5 hari 4 malam dan untuk apa saja akan kutulis di masing-masing hari yaa, jadi ikuti terus cerita perjalananku Backpackeran Singapura - Malaysia 2019 😃😃

---


Ke mana lagi langkah kakiku membawaku pergi? Yuk ikuti!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM