Pakai Jenius untuk Naik MRT dan Bus di Singapura

Sewaktu aku trip ke Singapura di tahun 2019 lalu, aku memanfaatkan banget fitur visa paywave yang ada di kartu debit Jeniusku untuk naik MRT dan bus. Jadi, aku nggak perlu beli transport card seperti EZ-Link dan Singapore Tourist Pass.

Eiitss ini bukan promosi Jenius ya, aku bukan mbak-mbak Jenius yang selalu mengikuti kalian wkwk, aku cuma mau berbagi salah satu kemudahan yang aku rasakan karna pakai Jenius.

Jenius untuk naik MRT dan Bus di SIngapura
Naik bus di Singapura tinggal bayar pakai kartu debit Jenius

Jenius adalah banking reivented, layanan banking terbaru dari BTPN (sumber website BTPN). 
Salah satu fitur yang bikin aku penasaran di kartu debit Jenius ini adalah visa paywavenya. Pembayaran bisa dilakukan hanya dengan tap kartu debit Jenius. Di Indonesia, setahuku baru bisa dipakai untuk bayar tiket nonton bioskop di Cinepolis, atau sudah bisa digunakan untuk yang lain? Bagi yang tahu boleh kasih infonya ya!! Trimssss.

Nah di luar negeri visa paywave ini sudah dapat digunakan untuk berbagai hal, salah satunya adalah untuk naik transportasi umum seperti MRT dan bus. Di Singapura pun, visa paywave juga sudah dapat digunakan untuk naik MRT dan bus. Jadi, saat tripku ke Singapura bersama teman-temanku di 2019 silam, aku nggak sabar pakai fitur ini.

Sebelumnya aku mau jelasin dulu.
Jadi sepengetahuanku, transport card di Singapura itu sebenarnya ada EZ-Link dan Singapore Tourist Pass. 2 kartu ini bisa dipakai untuk naik bus atau MRT di Singapura, bedanya yang Singapore Tourist Pass memang diperuntukkan untuk turis tapi turis juga bisa beli kartu EZ-Link.

Kartu EZ-Link.
Kartu EZ-Link untuk Singapore citizen tapi turis juga bisa beli sebenarnya. Beli kartu EZ-Linknya di minimarket kayak sevel gitu gitu, seharga SGD 10 itu udah ada isi saldonya SGD 5 kalau habis bisa ditop-up di minimarket juga. kalau untuk turis, mahal kan kalau dihitung-hitung untuk pengeluaran transport saja .

Singapore Tourist Pass (STP) 
Sesuai namanya ya ini diperuntukkan untuk turis saja. Ada 3 pilihan,  STP untuk 1 hari harga SGD 10, STP untuk 2 hari harga SGD 16, STP untuk 3 hari SGD 20, depositnya SGD 10 (nanti dikembalikan kalau sudah mengembalikan kartu). Cara pemakaiannya cukup bayar seharga kartu STP tersebut dan dapat dipakai unlimited selama masa aktif kartu jadi nggak perlu top-up. Tempat pembelian dan pengembalian dapat dilihat pada website STPCukup menguntungkan sihh opsi ini, cocok bagi yang akan sering-sering pakai transportasi umum di Singapura untuk ke mana-mana!!

Nah tapi untuk tripku ini aku tidak pakai kedua kartu udah merasa nggak akan sering pakai transportasi umum selama 3 hari di Singapura, nggak akan nyampe SGD 20 jadi nanti rugi kalau sisa, deposit STP juga cukup besar hehe, dan repot untuk mengembalikan karena kami harus bertolak ke Malaysia di hari terakhir kunjungan, lagipula aku sudah ada kartu Jenius yang sudah lengkap dengan visa paywavenya jadi akan aku maksimalkan ✌️😌. 

Cara memakai Jenius sebagai transport card di Singapura
Pertama, yang harus dilakukan adalah tukar mata uang ke SGD terlebih dahulu. Penukarannya tinggal lewat aplikasi Jenius juga, amat mudah! Jenius menyediakan 6 saldo mata uang asing dan SGD salah satunya. Sebenarnya bisa sih nggak perlu tukar dulu ke mata uang asing, lah terus buat apa harus tukar dulu kalau begitu? Alasan tukar mata uangmu dulu  sebelum digunakan untuk transaksi adalah kurs tukarnya lebih rendah dibanding saat kamu transaksi masih dalam bentuk rupiah. Kurs tukar selalu ada infonya kok setiap saat tapi penukaran valas ini hanya dapat dilakukan di jam kerja (WIB).

Kedua, setelah ditukar, pada menu SGD klik "Menghubungkan dengan M-Card" jadi nanti mata uang SGD dapat digunakan di kartu debit M-Card. Ketika visa paywave digunakan maka yang terpotong adalah saldo di SGD.

Jenius untuk naik MRT dan Bus di Singapura
Menu SGD di aplikasi Jenius


Ketiga, siap digunakan deh. Tinggal tap tap tap deh akan naik MRT atau bus. So easy peasy, kan!

Nah tapi di hari pertama aku tap Jenius buat naik MRT aku belum menukar ke SGD jadi masih tap pakai rupiah. Selain karena memang lupa menukarkan dan udah terlanjur lewat jam kerja Indonesia, aku mau membandingknan kursnya. Ternyata lumayan lho bedanya.....
Pada hari pertama, ketika aku tap kartu Jeniusku dan aku belum tukar valas ke SGD, nilai kurs transaksi 1 SGD senilai Rp10.537,00. Di hari kedua, aku tukar dulu rupiah ke SGD dan saat itu nilai kurs tukar  1 SGD senilai Rp10.345,00. Di hari ketig, 1 SGD senilai Rp10.340,00. Lumayan kan selisihnya, jadi lebih baik memang ditukar dulu rupiahnya ke SGD sebelum melakukan transaksi.

Kelebihan pakai Jenius sebagai transport card di Singapura selain praktis tidak perlu ada deposit kartu tetapi juga hemat kalau dirasa tidak akan terlalu sering menggunakan transportasi umum dan dirasa tidak akan sampai SGD 20. Kalau memang akan sering menggunakan transportasi umum dan akan lebih dari SGD 20 aku sarankan banget emang lebih baik pakai STP, lebih untunggg.

Kekurangannya cuma di pelaporan penggunaan harian untuk transaksi transportasi ini baru ada esok harinya. Jadi misal hari ini aku di Singapura naik MRT 3x dan bus 5x, di mesin tap tidak terlihat berapa saldo dan berapa tarif sekali naik, tidak seperti jika pakai kartu EZ-Link. Untuk tau berapa tarif hari ini aku naik transportasinya, Jenius baru mengirim laporan atau baru masuk daftar transaksi besok di pagi hari dan sudah langsung diakumulasi untuk transaksi bus dan mrt dalam satu hari.

Jenius untuk naik MRT dan Bus di SIngapura
Laporan akumulasi transaksi MRT dan Bus

Fyi, di trip kemarin aku hanya menghabiskan kurang lebih SGD 15.00 jadi tepat sasaran kan aku pakai Jenius sebagai transport card di Singapura. 

---


Ke mana lagi langkah kakiku membawaku pergi? Yuk ikuti!

8 komentar:

  1. Hi kak. Misal ada 2 orang yg mau naik bus bersamaan. Apakah bisa pake 1 kartu jenius aja dan di tap nya 2 kali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, aku jawab sesuai pengalamanku yaa. Penggunaan kartu jenius untuk metode pembayaran naik bus di Singapura menurut pengalamanku sama saja seperti kalau pakai EZ-Link atau STP (Singapore Tourist Pass) hanya bisa digunakan oleh satu orang pada satu waktu (tdk bisa beramai-ramai)😬

      Hapus
  2. halo kak, kalo misal 1 card jenius tap nya 2x buat 2 org ga bisa ya? jadi gantian gitu.. aku tap dulu, trs temenku tap lahi pake card aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab ya karena dapet info dr tulisan author,
      ga bisa karena 1 kartu untuk 1 orang kalo mau coba silahkan tp tanggung resiko hehe

      Hapus
  3. Kak tap kartu nya 2 kali pas keberangkatan dan kedatangan atau sekali aja???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, seingatku ini harus tap 2x yaa. Kalau MRT tap di gate masuk dan gate keluar

      Hapus
  4. kak, kalau saldo jenius nya uda ku tuker ke sgd, pas tap card MRT apakah ada charge fee tambahan lainnya? atau saldo kita hanya terpotong sebesar hrga trip tanpa charge tambahan? terima kasih kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, kalau udah tuker ke SGD pas tap MRT ga akan ada charge tambahan yaa. Sesuai dgn fare trip MRTnya ajaa :D

      Hapus

INSTAGRAM